Minggu, 23 Desember 2012

Billboard Magazine : Big Bang in America : Behind the Scenes With the K-Pop Boy Wonders

http://i.imgur.com/JveID.jpg
Ketika ditanya mengenai penampilan grup ini di Prudential Center, Newark, New Jersey, G-Dragon yang berambut blonde dari grup K-Pop Big Bang berkata pelan, “ Kuharap itu lebih baik.

Sebuah jawan yang sangat jujur, formal, keprofesionalan di dunia K-Pop dimana para bintang lebih terkesan imut daripada seksi, skandal yang minimum, dan setiap bintang menghabiskan waktu bertahun-tahun untuk training. Tapi ini adalah BIG BANG—sebuah aksi menulisulang atas kekonvensionalan K-Pop dimana mereka menulis sendiri hampir sebagian besar musik mereka, bertelanjang dada di MV mereka, dan berjuang di tengah badai kontroversi sendirian tahun lalu.

Di backstage, kelima member telah mengenakan pakaian untuk acara opening konser—tugas berat, mengenakan setelan putih berkilau seperti Prince Charming—tapi G-Dragon berkeliling tanpa mengenakan jaketnya beserta sebuah kacamata besar sebelum duduk untuk interview singkat sebelum konser dimulai. 
Kepribadian tiap member terlihat dari tingkah laku mereka. T.O.P yang sulit ditebak, dikenal dengan low-bass timbre rap, mengenakan kacamata hitam dan hanya menunjukkan sedikit emosi (A/N: curiga kalo sebenernya dia lagi mikir : ntar habis konser makan apa, ya? Laperr..). Si tampan Seung Ri duduk di hadapan G-Dragon dan menyahuti jawaban G-Dragon sambil bersandar. Taeyang dengan kepangan rambutnya yang panjang, terlihat tenang sambil menjawab banyak pertanyaan dengan bahasa Inggris yang cukup fasih, sama dengan G-Dragon. Sementara Daesung, vokalis berkharisma dari grup, menghabiskan waktu di belakang kamera dengan mempersiapkan suaranya dengan senam bibir. Tiap member memiliki sebotol air Fiji masing-masing (sementara satu botol jus anggur putih Welch khusus untuk T.O.P), sementara sikap G-Dragon tidak berubah hingga beberapa menit sebelum konser dimulai.

Konser dijadwalkan mulai paling tidak 10 menit lebih lambat dari jadwal (perbedaan yang sangat besar dengan waktu 90 menit plus delay milik rekan satu label mereka, 2NE1, yang berlangsung Agustus kemarin) dengan sedikit pengarahan di backstage. Seorang back-up dancer buru-buru keluar dari ruang ganti dancer wanita, melambat dan membungkuk kecil saat melewati Taeyang, tapi di atas semua itu, mereka mulai merasa tenang sebelum konser ‘Big Bang Alive Tour: America Finale’ dimulai.

Siapa yang tahu apa yang terjadi di sepuluh menit terakhir sebelum interview berakhir hingga mulainya konser (mungkin hanya suara teriakan memekakkan telinga yang memenuhi arena konser), tapi ketika Big Bang menguasai panggung di hari Jumat malam itu, G-Dragon dkk tampil dengan semangat membara selama pertunjukan berlangsung. Dimulai dengan ‘Tonight’, lagu elektronik yang menggila, G-Dragon berlari sepanjang koridor panggung hingga ia hampir jatuh ke arah penonton yang histeris seandainya tidak memperlambat diri sebelumnya (dia mengulangi gerakan yang sama beberapa kali selama konser). Konser tersebut langsung disambungdengan ‘Hands Up’ dan ‘Fantastic Baby’ (yang pernah menduduki posisi 2 di K-Pop Hot 100). Seiring berjalannya konser, G-Dragon mendapat sambutan meriah tiap kali bagiannya dimulai, tapi Daesung dan T.O.P juga mendapatkan teriakan yang impresif (terutama untuk menggoda fans tentang proyek solonya yang akan datang).

Melalui konser ini, penguasaan Big Bang akan panggung hampir mirip dengan One Direction—menggunakan sedikit koreografi, lebih bergantung pada berlarian ke sekeliling panggung dan berinteraksi dengan kerumunan fans. Perlengkapan panggung sangat minimalis namun efektif. ‘How Gee’ menampilkan T.O.P dan G-Dragon yang berkeliling dengan segway, dan Daesung memakai sayap malaikat yang indah selama penampilan solonya, ‘Wings’, mengaitkan dirinya dengan sebuah kabel baja dan meluncur di antara kerumunan penonton.

Style musik Big Bang berkisar antara hip-hop dan elektronik pop (lihatlah posisi nomor satu dala K-Pop Hot 100 seperti ‘Blue’ dan ‘Monster’), tapi diantara rangkaian lagu, para penikmat konser melihat hubungan yang dalam dengan dunia hip-hop, dengan para member yang ber-beatbox sementara yang lain me-rap atau mengharmonisasikan suara (termasuk ketika G-Dragon menyanyikan versi Inggris dari ‘Crayon’ [lagu solonya yang berhasil meraih posisi 4 dalam K-Pop Hot 100] mengindikasikan bahwa debut dengan bahasa Inggris tidak terlalu sulit untuknya atau Big Bang). Para penonton juga disuguhi break dance dan gerakan gimnastik Taeyang di atas panggung.

Ketika berbicara ke arah kerumunan, grup tersebut menyanyikan New York anthem milik Jay Z dan Alicia Keys, ‘Empire State of Mind’ membuat penghormatan mereka akan East Coast semakin jelas. “ Sangat sulit untuk sampai kemari, perlu tiga kali ganti penerbangan. “, Taeyang memberitahu para fans tentang masalah yang menghadang mereka akibat adanya topan Sandy. Memfokuskan diri pada hal positif, ia mengakhiri dengan, “ Mari kita buat kenangan yang tak terkupakan.
Saat ini bintang pop atau hip hop pria akan mati gaya dalam balutan fashion flamboyan yang digunakan grup ini dalam Alive Tour mereka (kostum ini termasuk jaket berwarna sangat cerah dan jeans ketat). Namun rasanya semua sempurna untuk Big Bang tanpa mengorbankan apa pun dari sudut pandang artistik. Di satu sisi mereka mendapatkan dedikasi dari fans mereka (yang dikenal sebagai VIP) ketika Big Bang berhenti menyanyi untuk membiarkan para fans menyanyikan chorus lagu hit mereka, ‘Haru Haru’. Fakta bahwa suatu venue besar di East Coast dipenuhi lirik sebuah lagu bernama ‘Haru Haru’ yang dinyanyikan fans benar-benar patut dibanggakan.

G-Dragon kelihatannya menyadari kekuatan grupnya yang menakjubkan telah diakui, dengan energi yang tak kunjung habis selama konser berlangsung. “ Kalian sangat luar biasa… Aku mencintai kalian. “ ujarnya ke arah penonton untuk menyenangkan para fansnya. “ Aku berjanji pada kalian untuk segera kembali. “. Dia mengucapkan kalimat yang sama dalam bahasa Korea, tapi saat sorakan mereda.

Tapi dengan segelas Brooklyn Lager dan berbotol-botol Hennessy yang menunggu di backstage setelah konser usai, apapun bahasa yang mereka gunakan saat menyanyi (atau berbicara), Big Bang Alive Tour: America Finale telah sukses.

Foto Backstage Ekslusif dari Billboard
http://i.imgur.com/HfYV3.jpg
Member Big Bang, G-Dragon, mengecek sosoknya sebelum muncul ke panggung setelah grupnya berhabis menjual habis tiket konser mereka di Prudential Center, Newark, pada tanggal 9 November
http://i.imgur.com/SDpMF.jpg
T.O.P berjalan di bawah kerangka panggung beberapa menit sebelum konser dimulai
http://i.imgur.com/Q81R4.jpg
http://i.imgur.com/iq5fr.jpg
G-Dragon dkk menuju ke panggung
http://i.imgur.com/K8Ld0.jpg
G-Dragon (kiri) dan Taeyang di backstage
http://i.imgur.com/Lfkgp.jpg
Dari kiri: G-Dragon, Seung Ri, dan T.O.P, bersiap di backstage
http://i.imgur.com/cj2pG.jpg
Taeyang dalam pakaian yang utuh, ia merobek bajunya lebih dari sekali dalam konser terakhir Big Bang di Amerika
http://i.imgur.com/YJAKW.jpg
Para member memasuki panggung dalam kapsul personal untuk menghibur fans. Inilah mereka sebelum konser dimulai dengan video pembukaan
http://i.imgur.com/6gYa7.jpg
G-Dragon menghabiskan waktu dengan Peter Chun, YG Entertainment U.S Bussiness Director
http://i.imgur.com/Zmhwa.jpg
Big Bang dalam balutan kaus putih yang kasual sebelum meeting dengan pers dan acara pembukaan
http://i.imgur.com/aljAb.jpg
Sang backstage helper (Hwangssabu) memberi Daesung tekanan ekstra saat stretching di backstage
http://i.imgur.com/D2EqO.jpg
T.O.P siap untuk tampil, ‘Fantastic Baby’
http://i.imgur.com/G8ziR.jpg
Taeyang, di menit terakhir untuk membetulkan bandananya.

@yeppopo bigbang

0 komentar:

Posting Komentar