Rabu, 02 Januari 2013

G-Dragon Interview in K& Magazine -Part 2-

Apa yang menarik tentang aktifitas solomu?
Aku bisa melakukan apa yang kuinginkan. Ketika aku beraktifitas bersama member Big Bang, karena aku harus mempertimbangkan keseimbangan grup kami, aku tidak bisa mengenakan apa yang aku mau. Tidak baik jika ada seseorang yang menonjol dibandingkan yang lain dalam sebuah grup… Meski begitu,ketika aku melakukan aktifitas solo, tidak ada batasan-batasan seperti itu. Aku bisa mencoba berbagai macam style yang berbeda. Karena itu, aku harus mencoba pakaian yang sangat ingin kucoba. Aku juga menantang diriku dengan membuat musik yang ingin kueksperimenkan. Aku bisa melakukan apa yang kuinginkan.

Ada sebuah skandal tentang dirimu yang memplagiat musik artis asing.
Jika ada artis asing yang kau sukai, maka hal itu akan mempengaruhi gaya musikmu. Meski begitu, aneh rasanya jika kau bilang bahwa hal itu secara langsung mempengaruhi gaya rap dan lagumu. Meski kami menyanyi dengan tema yang sama, kami masih bisa mengubah cara kami mengekspresikan perasaan yang ada di dalamnya. Jika kau mendeskripsikannya sebagai plagiatisme, tidakkah kau berpikir hal itu hanyalah kesalahpahamanmu tentang artis tersebut? Walau ada skandal seperti itu, aku sama sekali tidak peduli tentang komentar mereka dalam hal ini/

Apa perbedaan antara aktifitasmu sebagai Big Bang (grup) dan G-Dragon (solo)?
Dulu aku berpikiran untuk membedakannya, namun sekarang aku berusaha untuk menghilangkan perbedaan diantara keduanya. Tidak masalah jika aku bekerja dalam sebuah grup atau melakukan aktifitas soloku sendiri, aku hanya bersemangat untuk memproduksi musik yang bagus. Jika aku benar-benar harus membuat perbedaan, dibandingkan dengan bekerja dalam Big Bang, aku bisa mencoba musik yang kuinginkan saat aku melakukan aktifitas soloku. Dan dengan Big Bang, aku mencba untuk membuat musik yang bisa diterima oleh lebih banyak orang. Jika semua berpikir, ‘ musik ini hanya bisa diproduksi oleh G-Dragon. ‘, maka aku akan sangat bahagia.

Ada orang-orang yang mengatakan, ‘setelah Seo Taiji, hanya G-Dragon yang bisa memberi kesan solo yang kuat’.
Aku sangat tersanjung, tapi kupikir ini hanyalah bayangan para pendengar. Aku sama sekali tidak berusaha meraih hal itu. Aku mengerti bagaimana gemerlapnya dunia showbiz ketika Seo Taiji and Boys memimpin. Daripada dibilang aku berusaha seperti dirinya, aku telah bekerja keras untuk menemukan style-ku sendiri. Aku ingin memproduksi musik seperti ‘DEUX’ atau ‘015B’, musik yang tetap diingat orang setelah 10 atau 20 tahun berlalu.

Ada orang-orang yang berkomentar kalau kau berusaha ‘mencapai klimaks sebelum artis lainnya’.
Aku sangat berterimakasih terhadap komentar tersebut. Ini adalah sesuatu yang bisa menopangku di saat aku sedang bekerja keras. Meskipun begitu, karena aku tidak tahu masa depanku akan seperti apa, aku tidak berpikir bahwa aku sudah berada di puncak. Aku pikir semua orang menyangka bahwa aku sempurna setelah melihatku dari kamera atau setelah menonton penampilanku. Targetku adalah aku akan dan bisa membuat musik setelah 10 atau 15 tahun lagi. Sebelum aku mencapai tujuanku, ada orang yang memujiku namun juga ada yang memberikan komentar negatif. Sebenarnya, aku adalah tipe orang yang tidak peduli tentang apa yang orang lain katakan tentangku, tidak peduli reaksi apa yang mereka berikan padaku, aku tidak akan terpengaruh. Kuharap karakter semacam ini bisa menuntunku ke tujuan akhirku.

Fans yang paling membuatmu berkesan?
Aku tidak bisa melupakan apa yang terjadi ketika Alive Tour digelar di China.fans China menggunakan mobil mereka untuk mengelilingi kami, membuat kami berhenti bergerak. Kemudian, fans tersebut keluar dari mobil mereka dan mengambil foto kami. Untungnya, setelah mengambil foto, mereka membiarkan kami pergi. Walau agak menyeramkan, ketika aku mengingatnya sekarang, rasanya agak menarik juga.

Style musik yang paling kau sukai?
Aku sangat menyukai hip-hop. Karena pesona hip-hop-lah yang membuatku mengenal musik. Tentu saja, ini adalah bidang dimana aku paling percaya diri di dalamnya. Meski begitu, masih banyak orang-orang luar biasa di luar sana dan mereka memiliki standar yang berbeda-beda, kupikir yang paling baik adalah ketika aku bisa melakukan suatu hal yang benar-benar bisa memuaskanku.

Psy dari agensimu telah menjadi superstar kelas dunia, tidakkan kau iri padanya?
Aku sangat senang dengan kesuksesannya sekaligus iri padanya. Meski dia telah sukses besar dan mengubah persepsi orang-orang terhadap artis Asia, kupikir ketika dia merasa bahagia, dia juga merasa stres karenanya. Walau aku tidak bisa mengerti 100% apa yang dirasakanny, kami merasakan hal yang sama ketika kami berada di EMA sebagai artis Korea dan memenangkan ‘Worldwide Act Award’ untuk pertama kalinya. Apapun yang terjadi, karena Psy sudah membuka jalan ke pasar global, kuharap aktifitas artis Korea lainnya bisa berlanjut dengan lebih mudah.

Menurutmu apa rahasia kesuksesan ‘Gangnam Style’?
Setelah mendengarkannya, kita bisa ikut menyanyikannya dengan mudah. Orang-orang bisa menyanyikannya di KTV atau ketika mereka sedang berkumpul dengan teman-teman mereka. Lirik parodinya juga sangat bagus. Ini adalah lagu yang bisa memperbaiki mood. Tidak ada standar tentang mana lagu yang bagus, tapi ‘Gangnam Style’ merefleksikan bagaimana kondisi masyarakat dalam suatu waktu. Pasar musik Amerika sekarang tidak semenjajikan seperti dulu dan orang-orang mencari lagu yang bisa membuat mereka gembira. Meski begitu, ada juga lagu yang sesuai standar, tapi tidak ada kesenangan yang bisa ditemukan di dalamnya. Psy benar-benar luar biasa.
@yeppopo bigbang

0 komentar:

Posting Komentar