Minggu, 19 Januari 2014

Kisah Romansa Alien-Manusia “You Who Came From The Stars” Mendapat Tuduhan Penjiplak


‘You Who Came From the Stars’
Menggunakan ide kisah romansa yang terjadi di antara seorang alien yang mendarat di era Joseon dan seorang manusia biasa, “You Who Came From The Stars” mendapat komentar dari kartunis Kang Kyung Ok. Ia beranggapan kalau drama tersebut secara sadar ataupun tidak telah meminjam plot dari kartun bergenre serupa garapannya, “Seolhee”.


”Seolhee” dibuat berdasarkan kejadian yang terjadi 400 tahun lalu selama masa Pangeran Gwanghae dari Dinasti Joseon,” Kang Kyung Ok menuturkan. Ia menambahkan, “Alien memperlakukan dan merawat sang karakter utama jadi selamanya ia tetap terlihat muda. Ia hidup selama 400 tahun dan pulang ke Korea untuk bertemu kembali dengan seseorang yang terlihat sama persis dengan orang yang pernah membantunya semasa ia kecil.”
Menurutnya, “You Who Came From The Stars” memiliki beberapa kesamaan yang membuatnya begitu mirip dengan kartun buatannya.

Ia menulis di blognya, “Siapapun bisa membuat referensi dari periode waktu yang sama, tapi cerita tentang seseorang yang tidak menua selama 400 tahun dan hidup di zaman modern sambil menghadapi takdirnya sangat mirip dengan karyaku.”

Ufo Era Joseon pernah digunakan menjadi bagian dari “The Joseon X-Files” dan “Annals of the Joseon Dynasti”. Bahkan ide tentang seseorang yang telah berusia lebih dari 100 tahun tapi tidak bertambah tua sedikitpun juga tidak bisa dibilang baru. Twilight Saga baru-baru ini menggunakannya.

Tapi Kang Kyun Ok tetap berpikir kalau drama itu terlalu mirip dengan “Seolhee”. “Setting drama tersebut sangat serupa dengan pengecualian karakter pria dan wanitanya tertukar. Hanya ada sedikit perbedaan susunan bagaimana hal-hal terungkap di sepanjang cerita.” tambahnya.

Sebelumnya, kartunis ini pernah mendapat tawaran untuk menghidupkan karyanya ke dalam sebuah film tetapi ia menolaknya karena serial kartunnya belum selesai waktu itu. Ketika ia menyadari kemiripan drama tersebut dengan “Seolhee”, ia tidak percaya kalau haknya adalah tetap diam tentang masalah tersebut.
“You Who Came From The Stars” dibintangi oleh dua bintang papan atas, Kim Soo Hyun dan Jun Ji Hyun sebagai si alien dan wanita yang ia cintai. Karakter Jun Ji Hyun, seorang artis yang senang memanjakan dirinya, mengingatkan tokoh Kim Soo Hyun akan seorang gadis muda yang pernah ia tolong sewaktu kapal luar angkasa miliknya mendarat di bumi pada era Joseon.

Produser SBS selaku stasiun TV yang menayangkan drama itu membantah tuduhan kalau konsep drama mereka mencuri konsep buku komik dan mengatakan kalau bahkan mereka tidak tahu ada buku komik berjudul “Seolhee”.

Perwakilan SBS berkata, “Park Ji Eun, penulis skenario, tidak pernah membaca buku komik tersebut dan ia telah mempersiapkan ‘You Who Came From The Stars’ begitu lama.” HB Entertainment, perusahaan yang memproduksi drama itu, menyuarakan pendapatnya. Mereka menganggap hal tersebut tidak masuk akal dan berencana untuk mengeluarkan pernyataan resmi.

Source : kdramastars.com
Indotrans : lilulalelo@koreanindo.net

0 komentar:

Posting Komentar