Kamis, 17 April 2014

Penjelasan Arti atau Makna dari MV 'Melted' Akdong Musician


Kali ini @KpopChartNet akan kembali membahas tentang arti atau makna dari musik video, dan kali ini yang akan dijelaskan ialah MV terbaru dari Akdong Musician yang berjudul 'Melted'. Musik video dari Akdong Musician ini memiliki banyak makna yang tersirat.

'Melted' menggambarkan keadaan di masa saat ini. Dimana orang-orang tumbuh semakin dewasa, dan semakin banyak masalah yang akan dihadapi. Seharusnya orang-orang dewasa ini memberikan kehangatan, namun masalah-masalah tersebut lah yang akhirnya membuat hati mereka menjadi dingin dan membeku.

Jika kalian memaknai liriknya, maka terdapat bagian lirik yang mengatakan, "Kenapa es begitu dingin?". Sebenarnya dalam bahasa Korea, kata Es dan Orang Dewasa memiliki bunyi yang hampir sama. Jadi, lirik tersebut bisa juga diartikan menjadi "Kenapa orang dewasa begitu dingin (kejam)?". Hal itu menunjukkan bahwa orang dewasa memiliki hati yang dingin dan beku, bila dibandingkan dengan anak-anak.

MV 'Melted' dimulai dengan seorang pria tua yang sedang menatap ke jendela, serta seekor kadal yang sedang berada dikandangnya.


Pria tua tersebut tengah mengingat memori masa lalunya saat ia masih muda. Sedangkan kadal ialah simbol dari impian dan konservasi. Dapat diartikan sebagai, menjaga impiannya untuk terus hidup. Hal yang dimiliki oleh setiap anak-anak, dimana mereka mempunyai impian dan harapan untuk meraihnya.


Es yang membeku ini sebagai tanda akan dimulainya adegan-adengan yang menunjukkan bagaimana dinginnya hati orang-orang dewasa.


Adegan dimulai dengan seorang pria dewasa yang sedang memiliki masalah dalam pekerjaanya, serta seorang anak yang meminta tumpangan dari pria tersebut.


Seperti yang bisa kalian lihat, anak ini memiliki impian untuk menjadi seorang fotografi. Namun, tingkah laku anak ini malah membuat pria dewasa tersebut semakin merasa jengkel.


Anak itu kemudian diusir keluar dari mobilnya. Menunjukkan betapa kejamnya orang dewasa tersebut.


Adegan selanjutnya adalah di sebuah mini market. Si anak tadi ingin membeli makanan, namun ia hanya memiliki uang receh. Ternyata hal itu membuat si pemilik toko menjadi sedikit jengkel. Dengan terpaksa ia menerima uang receh tersebut. Kembali, kita melihat sisi 'dingin' dari orang dewasa, yang begitu terobsesi dengan uang ini.

Si anak tadi kemudian beristirahat dengan memakan makanan yang ia beli. Dari sini, ia kembali memotret kejamnya kehidupan orang dewasa, dengan berbagai masalah yang mereka hadapi.

Seorang pria yang memungut barang dari tong sampah.
Seorang pria yang putus asa karena tidak mendapatkan hasil dari pantomimnya

Dua orang ibu yang sedang bertengkar, yang bahkan anak mereka masing-masing tidak mengerti apa yang ibu mereka lakukan. 
Seorang pria yang sedang frustasi, serta seorang wanita yang sedang menangis.
Namun wanita tersebut kemudian tersenyum ke arah anak tadi. Apakah mungkin wanita ini tidak memiliki hati yang dingin seperti yang lainnya?
Anak tadi kemudian masuk kedalam mobil si wanita. Wanita yang tadinya menangis kemudian mengenakan make-up nya dan berpose saat difoto oleh anak tersebut.
Anak tadi kemudian dibawa ke sebuah bar. Di bar ini kita akan kembali melihat bagaimana dinginnya orang dewasa.
Wanita yang tadinya kita anggap memiliki hati yang baik, ternyata tidak jauh berbeda dengan yang lainnya. Ia bahkan meninggalkan anak tadi, dan pergi bersama seorang pria. Pemilik bar yang juga memiliki hati 'dingin' ini meminta anak tersebut membayar minuman yang mereka minum.
Karena si anak tadi tidak bisa membayar minuman mereka, akhirnya ia mendapatkan pukulan dari pemilik bar tersebut.
Betapa kejamnya orang dewasa.


Anak tersebut kemudian ingin melaporkan kejadian tadi ke kantor polisi. Polisi yang kita anggap memiliki jiwa penolong, ternyata tak jauh berbeda dengan orang-orang dewasa yang telah digambarkan sebelumnya. Polisi tersebut kemudian menolak untuk menanggapi laporan yang anak tadi berikan.

"Why are they so cold?"

Ia kemudian menemukan seekor anjing, lalu ingin menyapanya.

Bukannya ingin bermain, anjing tersebut malah menggonggonginya. Ia lalu merasa dunia begitu kejam terhadapnya, bahkan seekor anjing memperlakukannya seperti itu. Anak ini kemudian berteriak seolah-olah membalas gonggongan anjing tersebut. (Disini admin pengen nangis. Hiks~)
Mendengar keributan diliuar, si pemilik anjing kemudian keluar dari rumahnya.
Berbeda dengan yang lainnya, pria tua si pemilik anjing tadi ternyata memiliki hati yang hangat. Ia lalu memberikan makanan dan minuman kepada anak tersebut, bahkan ingin membetulkan kamera si anak yang telah rusak.
Betapa indahnya bukan? Jika hati yang dingin dan membeku tadi telah mencair. Maka akan ada kehangatan yang dipancarkan, seperti yang digambarkan oleh pria si pemilik anjing.
~END~
Written by : @OfficialRiyo

0 komentar:

Posting Komentar