Jumat, 16 November 2012

Big Bang Berhasil Menarik Massa dalam Debut Impesif Amerika Utara di Honda Center

Bayangkan sebuah grup anak muda yang baru pertama kali mengadakan live performance di Amerika Utara menunjukkan segenap kemampuan mereka dalam kerumunan yang hampir memenuhi kapasitas Honda Center. Itulah skenario mimpi dari pertunjukan Big Bang, sebuah grup asal Korea Selatan yang berhasil mengumpulkan penonton dimana sebagian besar adalah remaja putri dan fans berumur 20an pada jumat malam di Anaheim.

Terbentuk di tahun 2006, grup ini telah melebarkan sayapnya setelah kembali dari hiatus salama dua tahun di tahun 2011 dan berniat meraih seluruh fans di tanah airnya dan Jepang, dimana sensasi lagu dan tarian K-pop menjadi hits baik dalam kegiatan grup maupun proyek solo. Sekarang grup tersebut, merupakan grup penyanyi Asia yang berhasil memenangkan penghargaan ‘The Worldwide Act’ di ‘MTV Europe Music Awards’, sedang melakukan world tour pertama mereka, mengunjungi 25 kota dalam 16 negara, termasuk China, Thailand, dan Indonesia, juga satu kali kunjungan ke Wembley Arena di Inggris.

Hanya dalam waktu 2,5 jam di hari Jumat malam tersebut, para member Big Bang—G-Dragon, T.O.P, Taeyang, Daesung, dan Seung Ri—ditambah selusin support dancer dan tujuh orang pemain backing band (yang sayangnya diposisikan sangat tinggi di panggung dan sulit dilihat) menyampaikan sebuah performance yang energik dan bombastis yang membuat kaki para fans mereka tak bisa diam sepanjang malam, berteriak dan bersorak lagi dan lagi. Dan ketika mereka mulai kelelahan, mereka akan menampilkan beberapa lagu mereka yang paling populer (termasuk ‘Bad Boy’) lagi.

Layaknya sejarah panjang boyband sebelum mereka—dari The Osmonds di awal tahun 70an hingga Duran Duran di tahun 80an dan Big Time Rush serta One Directions dalam dekade ini—Big Bang menunjukkan sebuah pengalaman konser yang luar biasa pada para penonton remaja, dan dibuktikan dengan histeria fans dari seluruh California Selatan dan sekitarnya/ Dihadapkan pada konser hari ini atau konser di minggu berikutnya di New Jersey, banyak fans yang datang dari Las Vegas, Denver, dan beberapa wilayah lain untuk mengambil foto, mengangkan papan buatan mereka tinggi-tinggi untuk menunjukkan ketertarikan mereka untuk member favorit mereka dan bersorak gila-gilaan dalam satu dari dua konser di Anaheim ini.

Diantara lagu yang menarik di malam ini adalah lagu dengan tarian paling energik, ‘Fantastic Baby’ (dengan chorus terkenalnya, ‘dan dan dan dan dance’), ‘Lies’ yang berirama RnB dan musik pop yang menginfeksi otak, ‘Monster’, yang dengan sempurna bertransformasi menjadi lagu tipe urban groove, ‘Feeling’. Sebagia tambahan dari talenta vokal para member, produser untuk Alive Galaxy Tour 2012 ini—didesain oleh Laurieann Gibson, yang juga merancang konser Monster Ball Lady Gaga—menunjukkan koreografi yang memukau dan spesial efek seperti kembang api, layar raksasa di panggung, dan platform yang bisa naik dan turun di panggung, semua ditampilkan untuk efek yang lebih membekas di kepala penonton.

Memang, masih ada orisinalitas dari performance Big Bang. Tapi debut di West Coast membuktikan bahwa konser tersebut menyenangkan, ditata dengan baik untuk memuaskan fans Amerika yang telah menunggu bertahun-tahun untuk bertemu langsung dengan mereka. Dan melihat pertunjukan di Honda Center yang menarik perhatian massa, kelompok tersebut akan segera melebarkan sayapkan ke titik-titik lain di Amerika.

Pertanyaan yang lebih besar—apakah grup ini dapat berperan secara lebih canggih dan signifikan dalam dunia musik, seperti yang dilakukan Duran Duran—kita harus menunggu.

0 komentar:

Posting Komentar